Inilah Nutrisi Penting Untuk Penderita Penyakit Paru-Paru

Tentunya mendapatkan nutrisi yang seimbang sangatlah diperlukan oleh tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan paru-paru dan berikut ini adalah nutrisi penting untuk penderita penyakit paru-paru agar penyakit yang di derita tidak bertambah parah.

Nutrisi Penting Untuk Penderita Penyakit Paru-Paru

Nutrisi Penting Untuk Penderita Penyakit Paru-Paru

Dalam kondisi rileks, biasanya anda bernapas hingga 30 ribu kali setiap harinya. Namun jika anda memiliki salah satu penyakit paru-paru seperti kanker paru, pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan asma maka kemampuan anda untuk menghirup oksigen sangatlah terbatas.

Sementara oksigen sendiri sangat dibutuhkan oleh setiap sel dan jaringan tubuh untuk berfungsi optimal, dimana hal ini sama seperti bagian tubuh lainnya seperti paru-paru.

Dimana anda juga perlu mendapatkan nutrisi dari makanan sehat agar penyakit paru-paru yang anda derita tidak menimbulkan keparahan, berikut ini adalah beberapa nutrisi pnting yang dibutuhkan oleh paru-paru diantaranya :

  • VITAMIN C

Menurut studi Journal of the Royal Society of Medicine tahun 2007 menunjukan bahwa asupan antioksidan ini bermanfaat untuk menjauhkan seseorang dari pneumonia dan vitamin C dilaporkan bisa mencegah dan mengendalikan gejala asma.

Tidak hanya buah jeruk saja yang memiliki kandungan vitaminC, namun paprika kuning, pepaya, jambu biji, biji kiwi dan mangga juga memiliki kandungan vitamin C ini.

  • KAROTENOID

Dimana karoteroid adalah pigmen yang memberi warna cerah pada wortel, bayam, kangkung, tomat, labu kuning dan ubi jalar ini dipercaya mampu membantu mengurangi stres oksidatif sehingga bisa mencegah kanker paru-paru serta memperbaiki kapasitas paru untuk bernapas pada orang-orang yang memiliki asma dan PPOK.

  • VITAMIN B

Meningkatkan asupan makanan kaya asam folat (vitamin B-9) dipercaya mampu membantu melindungi paru-paru anda dari berbagai penyakit seperti penyakit paru obsturktif, emfisema, bronkitis kronis dan beberapa bentuk asma.

Dimana beberapa makanan sumber vitamin C terbaik adalah salmon, brokoli, bayam, selada, ikan, telur, susu, gandum dan kacang-kacangan.

  • VITAMIN E

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa vitamin E adalah sumber antioksidan yang bermanfaat untuk membantu memperlambat penuaan. Namun selain itu, vitamin E ini juga dipercaya mampu mengatasi masalah suara mengi sekaligus meningkatkan fungsi paru-paru.

Anda bisa mendapatkan sumber antioksidan vitamin E dari kacang-kacangan, sayuran hijau, minyak bunga matahari, gandum dan minuman yang berbasis susu.

  • MINERAL

Dimana sekelompok mineral seperti magnesium, kalsium, selenium dan potasium dipercaya mampu melindungi anda dari gangguan pernapasan dan menurunkan risiko kejadian asma.

Anda bisa mendapatkan sekelompok mineral tersebut dari sayuran hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian, gandum, daging sapi dan ayam, ikan, telur, buah-buahan dan bawang putih.

Nah itulah beberapa nutrisi penting untuk penderita penyakit paru-paru yang wajib anda konsumsi agar penyakit yang anda derita tidak menimbulkan keparahan.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan terkait nutrisi penting untuk penderita penyakit paru-paru semoga informasinya bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetathuan anda.

Post by : Obat Infeksi Paru-Paru Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*