Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Infeksi Paru Paru

Untuk anda yang saat ini tengah menderita penyakit infeksi paru paru, maka inilah ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita infeksi paru paru, guna untuk membantu proses penyembuhan penyakit selain mengkonsumsi obat.

Infeksi Paru Paru ?

Infeksi paru paru adalah salah satu bentuk peradangan yang disebabkan oleh kerusakan yang dilakukan mikroorganisme jahat seperti, jamur, virus, bakteri, parasit dan lainnya.

Umumnya penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja terutama yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.Namun pola hidup dan asupan yang buruk juga bisa membuat daya tahan tubuh berkurang dan mudah terkena infeksi paru paru.

Berdasarkan letak dan bagian paru yang terkena infeksi, penyakit infeksi paru paru ini memiliki beberapa jenis yakni : Pneumonia (Paru Paru Basah), TBC, Bronkitis, dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Paru Paru

Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk membantu proses penyembuhan atau pencegahan penyakit infeksi paru paru semakin parah adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Infeksi Paru Paru

Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang harus dihindari penderita infeksi paru paru, yang wajib anda tahu diantaranya :

(1) Acar

Penderita infeksi paru paru, acar adalah makanan yang sudah melalui proses pengolahan dengan penambahan natrium yang tentunya tidaklah sedikit.

Karena yang harus diperhatikan oleh setiap penderita infeksi paru paru adalah bahwa asupan natrium sangat penting untuk dibatasi.

(2) Daging Kambing

Terlepas dari kandungan lemak dan kolesterolnya yang tinggi, daging kambing sangat banyak digemari.Namun khusus untuk penderita infeksi paru paru, hendaknya anda memerhatikan asupan makanan dengan baik yakni menghindari daging kambing.

Itu karena, di dalam daging kambing terdapat zat yang mampu berpengaruh terhadap sistem peredaram darah bahkan zat tersebut mampu mendukung pembentukan zat nitrosamin yang mempu menjadi penyebab peradangan paru paru.

(3) Alkohol

Alkohol sudah jelas termasuk makanan atau minuman yang cukup berbahaya bagi kesehatan, untuk makanan yang mengandung alkohol seperti tape.

Jika makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan bsia menjadikan seseorang mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan akhirnya berpenyakit jantung.

Bahaya minuman beralkohol bagi kesetahan tentunya diketahui oleh setiap orang, dimana ketika mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bisa berpengaruh juga terhadap kesehatan paru paru.

(4) Garam

Makanan asin apalagi yang bergaram tinggi perlu untuk dimasukkan ke dalam pantangan penderita infeksi paru paru.Meskipun garam adalah sebuah bumbu dapur yang sudah kerap digunakan dalam masakan, namun penggunaan garam yang berlebih juga tetap tidaklah baik.

Selain dimanfaatkan sebagai perasa makanan, bumbu dapur ini pun sering digunakan sebagai zat pengawet alami.Mengkonsumsi garam secara berlebihan berakibat buruk bagi paru-paru dan memperparah infeksi paru paru.

(5) Makanan Penyebab Alergi

Penderita masalah paru paru, terutama infeksi paru paru sebaikna menjauhi makanan-makanan yang berpotensi memicu reaksi alergi.

Sangatlah penting bagi penderita infeksi paru paru untuk mengetahui sejumlah jenis makanan yang bisa menyebabkan alergi yakni : telur, ikan, kacang, kedelai, gandum dan susu sapi.

(6) Ikan Asin

Pantangan makanan selanjutnya bagi penderita infeksi paru paru adalah ikan asin, karena di dalam ikan asin ada zat nitrosamin.Zat nitrosamin adalah zat karsinogesik yang mampu menyebabkan peradangan di organ tubuh manusia.

Kandungan berbahaya pada ikan asin tidak hanya zat nitrosamin, namun juga ada kandungan zat lain yang mampu membentuk virus Epstein-barr serta mengembangkannnya.

(7) Terasi Merah

Tentunya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan terasi merah yang menjadi bahan konsumsi yang sudah sangat populer ini dijadikan sebagai sambal.

Namun dibalik kelezatan terasi merah ini, juga perlu diwaspdasi oleh para penderita infeksi paru paru.Karena di dalam terasi merah terdapat kandungan rhodamin B yang merupakan zat penyebab iritasi di bagian sistem pernapasan.

(8) Kafein

Makanan atau minuman yang mengandung kafein sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita infeksi paru-paru.Dimana makanan dan minuman yang berkafein tersebut seperti kopi dan teh.

(9) Makanan Manis

Rupanya makanan manis juga cukup berbahaya bagi penderita infeksi paru paru, dimana makanan dari gula olahan maupun yang menggunakan gula halus sangat dilarang untuk dikonsumsi.Berikut ini ada beberapa makanan manis yakni :

  • Roti putih
  • Sereal
  • Gula putih
  • Puding
  • Kue

Nah itulah beberapa makanan yang harus dihindari penderita infeksi paru paru, supaya bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit infeksi paru paru yang anda derita saat ini.

Disamping anda mengetahui beberapa makanan yang harus dihindari penderita infeksi paru paru, berikut ini ada beberapa makanan sehat untuk penderita infeksi paru paru antara lain : teh hijau dan teh hitam, makanan bervitamin C serta cabai rawit.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda.

by post : Obat Infeksi Paru Paru Alami Sembuh Sampai Tuntas

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*