Gejala Pneumonia Pada Anak Dan Bayi

Mengenali tanda dan gejala pneumonia pada anak dan bayi bisa memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan dengan cepat sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dicegah atau dihindari.

Dengan penanganan dan pengobatan yang dilakukan sedini mungkin bisa meningkatkan peluang bagi anda untuk mendapatkan kesembuhan yang lebih besar.

Maka dari itu, setelah sebelumnya kami memberikan anda informasi mengenai penyebab pneumonia. Kini kami akan memberikan anda informasi seputar gejalanya, untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya bisa anda simak dalam artikel ini !

Gejala Pneumonia Pada Anak Dan Bayi

Pneumonia merupakan salah satu penyakit peradangan yang terjadi pada jaringan di salah satu atau kedua paru paru, dimana perangan tersebut disebabkan oleh adanya infeksi.

Berdasarkan data dari WHO, pneumonia adalah penyebab kematian terbesar pada anak-anak. Dimana diperkirakan ada 1,1 juta anak di dunia yang meninggal dunia setiap tahunnya akibat penyakit pneumonia ini.

Sementara itu, di Indonesia sendiri menduduki peringkat ke 8 pada tingkat kematian anak-anak akibat penyakit pneumonia. Bahkan pada tahun 2008 pneumonia telah merenggut nyawa anak-anak sebanyak 38.000 jiwa.

Hal tersebut yang membuat pneumonia sangat rentan dialami oleh anak-anak dan bayi, terutama pada mereka yang berusia di bawah 2 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan orang lanjut usia, orang yang memiliki penyakit paru paru dan juga orang-orang yang aktif merokok juga sangat rentan terkena penyakit pneumonia.

Gejala Pneumonia Pada Anak Dan Bayi

Pada umumnya gejala pneumonia bisa muncul secara tiba-tiba atau secara perlahan-lahan dalam waktu beberapa hari dan berikut ini ada beberapa tanda atau gejala pneumonia yang muncul pada anak maupun bayi diantaranya :

1). Nyeri Pada Persendian

Seperti yang telah diketahui bahwa pneumonia ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, namun infeksi tersebut nyatanya tidak hanya berdampak buruk pada kinerja paru paru saja.

Akan tetapi, infeksi tersebut juga akan menyerang area persendian sehingga nyeri sendi akan muncul sebagai aikibat adanya infeksi pada tubuh penderita pneumonia.

2). Penurunan Suhu Tubuh

Untuk gejala pneumonia yang paling sering dialami oleh anak-anak adalah mengalami demam, dimana kondisi tersebut muncul sebagai akibat kurangnya kadar oksigen di dalam tubuh sehingga tubuh mengalami hipotermia.

3). Sakit Kepala

Penderita pneumonia baik anak-anak maupun orang dewasa, biasanya akan merasakan gejala berupa sakit kepala. Dimana sakit kepala tersebut terjadi akibat kadar oksigen yang masuk ke dalam tubuh relatif kurang sehingga suplai oksigen ke otak juga tidak optimal.

4). Nyeri Dada

Akibat paru paru yang terinfeksi oleh bakteri atau virus, biasanya dada penderita pneumonia akan terasa sakit ketika digunakan untuk menarik napas dalam dan pada saat batuk.

5). Demam

Penderita pneumonia juga akan mengalami demam, dimana demam muncul sebagai akibat adanya infeksi pada paru paru. Infeksi tersebut memicu produksi antibodi pada sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan melakukan penyerangan terhadap infeksi.

6). Mual dan Muntah

Dimana mual dan muntah juga merupakan gejala yang akan mengikuti rasa sakit kepala, dimana kondisi ini biasanya akan muncul sebagai akibat dari penurunan nafsu makan yang dialami oleh penderita pneumonia.

7). Batuk Kering atau Berdahak

Biasanya penderita pneumonia juga akan mengalami batuk kering atau batuk berdahak, namun kebanyakan kasus menunjukan gejala batuk berdahak sebagai tanda gejala yang lebih sering muncul pada penderita pneumonia.

8). Detak Jantung Lebih Cepat

Seorang yang menderita pneumonia, pastinya akan memiliki jumlah oksigen yang relatif sedikit di dalam tubuhnya. Dimana kondisi ini membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk menyebarkan oksigen dalam jumlah yang terbatas ke seluruh tubuh.

Hal tersebut, mengakibatkan jantung akan berdetak lebih cepat sebagai upayanya untuk menyebarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

9). Sesak Nafas

Pastinya penderita pneumonia memiliki kondisi paru paru dengan kantong-kantong kecil di dinding paru paru yang terisi dengan cairan dan dalam keadaan membengkak.

Dimana kondisi tersebut akan menghambat masuknya oksigen ke dalam paru paru sehingga penderita paru paru akan mengalami sesaak nafas dan tersengal-sengal ketika bernafas.

Meskipun pada umumnya pneumonia tidak akan menular, namun jika anda merakan beberapa keluhan atau gejala seperti di atas sebaiknya segera melakukan penanganan dan pengobatan dengan cepat sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi akibat penyakit ini bisa anda hindari.

Tips Pengobatan Penyakit Pneumonia

Jika berbicara mengenai pengobatan, disini kami akan merekomendasika anda untuk melakukan pengobatan pneumonia dengan cara alami yakni dengan mengkonsumsi Obat Herbal Pneumonia.

Dimana obat yang kami maksud diatas adalah obat herbal bernama Jelly Gamat QNC ( GHE ) yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami sehingga aman untuk dikonsumsi oleh kalangan usia tanpa menimbulkan efek samping.

Gejala Pneumonia Pada Anak Dan Bayi

Untuk informasi lebih lengkap tentang obat herbal tersebut, bisa anda lihat disini : Obat Herbal Jelly Gamat QNC

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda serta bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

~ TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA & SEMOGA LEKAS SEMBUH ~

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Dampak Bahaya Penyakit Pneumonia Yang Sering Terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*