Dampak Bahaya Penyakit Pneumonia

Dampak Bahaya Penyakit Pneumonia – Pneumonia atau paru paru basah adalah salah satu penyakit mematikan tinggi di seluruh dunia, khususnya untuk anak-anak. Maka untuk itu, waspadai dan atasi segera jika saat anda saat ini mengalami ciri atau gejala pneumonia.

Dampak Bahaya Penyakit Pneumonia

Pneumonia adalah infeksi paru paru yang disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur dan terjadi peradangan pada kantung udara di paru-paru. Dimana penyakit ini akan menimbulkan gejala berupa :

  • Demam dan menggigil
  • Mual dan muntah
  • Sakit dada
  • Batuk kering
  • Nyeri otot
  • Nafas cepat
  • Kesulitan bernafas

Sedangkan penyakit pneumonia yang sudah parah akan menimbulkan gejala seperti kulit kebiruan, batuk berdahak, sesak nafas, demam tinggi, denyut jantung cepat dan mudah sekali cemas.

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, bahwa penyakit pneumonia yang tidak segera ditangani dengan cepat akan berdampak buruk bahkan bisa menyebabkan kematian terutama pada usia lanjut dan anak-anak bahkan balita.

Ingin tahu apa saja dampak bahaya penyakit pneumonia tersebut ? Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya bisa anda simak di bawah ini !

Dampak Bahaya Penyakit Pneumonia

Berikut ini adalah beberapa dampak bahaya penyakit pneumonia atau paru paru basah yang kerap terjadi dan dirasakan oleh penderitanya diantaranya :

1). Bronkitis

Dampak bahaya penyakit pneumonia yang pertama bisa menyebabkan penderitanya mengalami bronkitis jika tidak segera ditangani dengan cepat dan tepat.

2). Efusi Pleura

Kondisi dimana adanya penumpukan cairan dalam dua lapisan pleura sebagai pelumas kelancaran paru paru pada saat bernafas.

3). Jantung

Paru paru yang mensuply darah menuju jantung rusak akan terkena serangan jantung dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

4). Stroke

Kondisi ini terjadi karena berkurangnya pasokan darah dan oksigen ke otak menyebabkan seseorang terkena serangan stroke.

5). Kekebalan Tubuh Melemah

Paru-paru adalah alat vital dalam tubuh, dimana apabila paru paru rusak atau tidak sehat bisa membuat kekebalan tubuh menjadi lemah seperti halnya penyakit pneumonia.

6). Asma

Penyakit pneumonia pada manusia memiliki dampak pada penyakit asma dimana saluran pernafasan terganggu di karenakan paru paru tidak bisa berfungsi dengan baik.

7). Tumor Paru

Pneumonia yang disebabkan oleh paru paru yang dipenuhi oleh cairan menghambat aliran dan membuat jaringan paru-paru berubah bentuk bahkan menimbulkan dampak pada tumor paru.

8). Abses Paru

Seseorang yang terkena penyakit pneumonia dikarenakan paru paru tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan penyakit abses paru.

9). Penyakit TBC

TBC adalah dampak terberar dari pneumonia dan umumnya dialami oleh perokok aktif maupun pasif yang dipengaruhi oleh adanya asap rokok yang masuk ke dalam tubuh sehingga menyebabkan paru paru menjadi kotor.

10). Sesak Nafas

Dimana penyakit pneumonia ini terjadi pada saat paru paru terdapat air yang menyebabkan sesak nafas, paru dalam keadaan tidak sehat dan suply darah ke seluruh tubuh tidak lancar.

11). Emfisema

12). Infeksi Darah

13). Kanker Paru Paru

14). Flek Paru Paru

15). Pleuritis

Jika anda tidak ingin terkena ataupun mengalami beberapa dampak bahaya pneumonia diatas, maka untuk itu sebelum semuanya terlambat ada baiknya segera atasi dan obati dengan serius jika saat ini anda mulai mengalami gejala pneumonia.

Untuk informasi pengobatan pneumonia, bisa anda simak informasinya di sini : Pengobatan Pneumonia Secara Alami

Semoga apa yang kami informasikan pada kesempatan kali ini mengenai dampak bahaya pneumonia bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda. TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*