Apakah Penyakit Bronkitis Itu Berbahaya ?

Apakah penyakit bronkitis itu berbahaya ? Dimana pertanyaan tersebut tentunya sangat banyak dipertanyakan oleh para penderitanya, maka untuk anda yang ingin tahu mengenai jawabannya bisa disimak informasinya dalam artikel ini !

Sebelum kami memberikan anda informasi seputar jawaban dari pertanyaan diatas ? Terlebih dahulu kami akan memberikan sedikit informasi mengenai bronkitis itu sendiri.

Apakah Penyakit Bronkitis Itu Berbahaya ?

Informasi Mengenai Penyakit Bronkitis

Bronkitis termasuk salah satu penyakit infeksi saluran pernafasan dari paru paru yang bisa menyebabkan peradangan atau inflamsi dan bisa beresiko baik pada balita maupun orang dewasa.

Dimana bronkitis ini termasuk jenis penyakit pernafasan yang bisa menimbulkan gejala berupa batuk, sesak nafas, demam, kelelahan, hidung tersumbat dan juga mengalami ringan. Bronkitis sendiri di bagi menjadi dua jenis yakni :

  1. Bronkitis akut
  2. Bronkitis kronis

Untuk bronkitis yang tidak segera diobati dengan cepat, tentunya akan menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya saat infeksi sudah menyebar ke dalam paru paru yang akhirnya akan terisi cairan dan menyebabkan pernafasan manusia terganggu seperti bronkitis asmatis.

Lalu Apakah Penyakit Bronkitis Itu Berbahaya ?

Jika berbicara mengenai apakah penyakit bronkitis itu berbahaya ? Untuk jawabnnya adalah bahwa semua penyakit itu berbahaya dan memiliki jenis bahayanya masing-masing.

Namun untuk penyakit bronkitis ini bahwa bahayanya masih kurang terpublikasi dengan baik sehingga kebanyakan orang mengetahui bahwa bronkitis adalah penyakit yang menyebbakan sesak nafas tiba-tiba.

Bahkan jika pada tahap yang lebih berbahaya akan terjadi komplikasi bronkitis yang mungkin bisa menyebabkan kematian juga. Selain itu, berikut ini ada beberapa bahaya dari penyakit bronkitis yang tidak segera diobati diantaranya :

1). Abses Paru

Bahaya bronkitis yang pertama adalah abses paru yang terjadi karena infeksi bakteri, dimana abses paru ini menyebabkan nanah pada organ paru paru yang tentunya akan sangat mengancam nyawa jika tidak segera ditangani.

2). Keracunan Darah

Meskipun keracunan darah termasuk komplikasi bahaya dari bronkitis yang jarang terjadi, namun gejala yang ditimbulkan dari keracunan darah ini adalah perubahan perilaku mental, kebingungan dan juga disorientasi, detak jantung meningkat dan suhu tubuh meningkat.

3). Abses Otak

Bahaya bronkitis selanjutnya adalah abses otak, dimana abses otak merupakan adanya penimbunan nanah yang terjadi di dalam otak dan salah satu penyebabnya adalah karena bronkitis.

4) Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

POK termasuk ke dalam bahaya akibat penyakit bronkitis, karena PPOK bisa terjadi karena rusaknya jalur udara pada paru-paru yang disebabkan oleh bronkitis kronis.

5). Kematian

Untuk bahaya bronkitis yang terakhir adalah kematian meskipun kasusnya terbilang jarang terjadi, namun menurut penelitian yang dilakukan di Inggris menemukan jika virus pernapasan bisa menyebabkan sekitar 8 kematian bayi pada usia di bawah 1 tahun setiap 100 ribu orang.

Dengan anda mengetahui akan bahaya dari penyakit bronkitis, maka jangan pernah mengganggap sepele penyakit bronkitis ini ada baiknya segera lakukan tindakan penanganan dan pengobatan yang serius jika saat ini anda mulai mengalami gejala dari bronkitis.

Mungkin pengobatan secara medis adalah salah satu syarat utama dalam penanganan penyakit bronkitis sehingga setiap orang yang mengalami gejala bronkitis diharuskan untuk melakukan pemeriksaan diri kepada dokter. Biasanya dokter akan memberikan anda obat antiradang NSAID yang bisa membantu menghentikan peradangan yang terjadi.

Namun yang paling kalah penting adalah penderita harus menerapkan gaya hidup yang jauh lebih sehat seperti :

  • Minum banyak air
  • Banyak beristirahat
  • Berhenti merokok
  • Menghindari asap

Disamping itu, penderita bronkitis juga bisa melakukan pengobatan bronkitis secara alami yang jauh lebih aman karena tidak akan menimbulkan efek samping, utamanya jika bronkitis ini dialami oleh anak-anak dan bayi maka cara ini jauh lebih aman.

Nah itulah informasi dari jawaban apakah penyakit bronkitis itu berbahaya ? Semoga jawaban yang kami berikan bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

post by : Obat Infeksi Paru Paru Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*